Buah Semangka memiliki banyak manfaat seperti menurunkan berat badan dan meningkatkan energi.

Semangka termasuk pada makanan yang kaya nutrisi. didalam buah semangka terdapat vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi dan hanya memiliki sejumlah kecil kalori.

Semangka sangat enak jika dimakan pada saat piknik apalagi jika cuacanya sedang panas

sama dengan melon, semangka termasuk anggota keluarga Cucurbitaceae. Ada lima jenis semangka yang umum: unggulan, tanpa biji, mini, kuning, dan oranye.

Fakta tentang semangka:

Semangka telah dibudidayakan selama ribuan tahun, oleh orang Mesir Kuno yang merupakan ahli kultivar.

Lebih dari 90 persen semangka adalah air.
Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa, China merupakan produsen utama, dengan 75 juta diproduksi pada tahun 2014.

Semangka dianggap dapat membantu mengurangi risiko penyakit asma , kanker , dan pembengkakan .

Manfaat Semangka Untuk Kesehatan

manfaat semangka

Banyak penelitian berkesimpulan dengan mengkonsumsi semangka dapat mengurangi risiko obesitas , diabetes , dan penyakit jantung dengan begitu angka kematian bisa menurun.

Manfaat semangka dapat membuat kulit dan rambut sehat, meningkatkan energi, dan menurunkan berat badan secara keseluruhan.

8Pencegahan penyakit asma

Semangka mengandung nutrisi yang dapat mencegah penyakit asma, nutrisi yang terkandung pada buah semangka adalah vitamin C, vitamin C juga dapat ditemukan pada buah dan sayuran lainnya

7Manfaat Semangka Untuk Hipertensi ( Tensi darah Tinggi )

Sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal of Hypertension menemukan bahwa suplemen ekstrak semangka dapat melancarkan sistem peredaran darah pada orang dewasa setengah baya yang obesitas, hipertensi dan prehipertensi atau stadium 1.

lycopene terdapat pada buah semangka yang berfungsi untuk melindungi dari penyakit jantung.

6Kanker

Semangka merupakan sumber antioksidan yang sangat baik, termasuk vitamin C, semangka dapat membantu memerangi pembentukan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Asupan likopen dipercaya dapat menurunkan risiko kanker prostat.

5Pencernaan dan keteraturan

karena kandungan air dan seratnya, manfaat semangka yang bisa kita dapatkan adalah mencegah sembelit dan membuat saluran pencernaan menjadi sehat sehingga BAB jadi lancar.

4Hidrasi

Terdiri dari 92 persen air dan kaya akan elektrolit penting, semangka adalah buah yang bagus untuk dikonsumsi pada musim panas untuk mencegah dehidrasi. Ini juga bisa dibekukan dalam irisan camilan berbentuk es dingin.

3Peradangan

Kolin – ditemukan di semangka – kolin adalah nutrisi yang sangat penting dan berguna; yang dapat membantu melancarkan gerakan otot, kemampuan belajar, dan menguatkan daya ingat. Kolin juga dpat menjaga struktur membran sel, membantu transmisi impuls saraf, membantu menyerap lemak, dan mengurangi peradangan yang kronis.

2Nyeri otot

Semangka dan jus semangka telah terbukti dapat mengurangi nyeri otot dan memperbaiki waktu pemulihan setelah berolahraga cocok untuk para atlet. Periset percaya bahwa ini disebabkan oleh asam amino L-citrulline yang terkandung dalam semangka.

1Manfaat Semangka untuk Kulit dan Rambut

Semangka sangat bagus untuk kulit karena mengandung vitamin A, nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi sebum, yang membuat rambut tetap lembab. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Asupan vitamin C yang cukup juga dibutuhkan untuk membangun dan merawat kolagen , yang memberikan struktur pada kulit dan rambut. yang paling penting dari manfaat semangka adalah dapat membuat kulit dan rambut terlihat sehat, kaula muda pasti menginginkannya, ya kan ?

gizi semangka

Satu cangkir semangka sebanyak 152 gram memiliki kandungan sebagai berikut

43 kalori
0 gram lemak
2 miligram sodium
11 gram karbohidrat
1 gram serat

Satu cangkir semangka akan memberikan persentase vitamin harian berikut:

17 persen vitamin A
21 persen vitamin C
2 persen zat besi
1 persen kalsium

Semangka juga mengandung tiamin, riboflavin, niasin, vitamin B-6, folat , asam pantotenat, magnesium , fosfor, kalium , seng, tembaga , mangan, selenium , kolin, lycopene, dan betaine. Menurut Badan Promosi Semangka Nasional , semangka mengandung lebih banyak likopen dibanding buah atau sayuran lainnya.

Potensi risiko bagi kesehatan bagi yang mengkonsumsi semangka

Semangka sedang tidak menimbulkan risiko kesehatan yang serius. Konsumsi berlebihan dapat meningkatkan kadar vitamin tertentu dalam tubuh, yang dapat menyebabkan komplikasi.

Terlalu banyak vitamin C, melimpah dalam semangka, bisa menyebabkan gejala seperti diare atau ketidaknyamanan gastrointestinal.

Makanan yang mengandung lycopene, seperti semangka, bisa menghasilkan gejala diare juga. Gejala ini biasanya dapat dirasakan pada saat asupan berlebihan yang berasal dari suplemen, bukan makanan.

Kadar potassium juga perlu menjadi pertimbangan, terlalu banyak konsumsi semangka juga bisa menyebabkan komplikasi seperti hiperkalemia yang menyebabkan irama jantung tidak normal dan tentnunya berbahaya.

Sekali lagi, komplikasi paling sering terjadi karena asupan suplemen yang berlebihan.

Secara keseluruhan, semangka bisa dikonsumsi dengan aman dengan sedikit resiko.

Cara Memilih Semangka yang Bagus

Carilah semangka yang kencang, berat, dan simetris tanpa memar. Untuk mengetahui tekstur didalam buahnya kita bisa mengetahuinya dengan cara mengetuk semangka bagian luar. jika terdengar bunyi ringan dan hampir berongga; Hal ini mengindikasikan air dan buah yang terkandung utuh dan memiliki struktur yang stabil.