Manfaat Buah Pepaya – Pepaya Memiliki banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya mencegah penyakit asma dan anti kanker.

Pepaya tumbuh di wilayah iklim tropis. rasanya yang manis, dagingnya yang empuk dan warnanya yang cerah menjadikan buah pepaya banyak disukai orang.

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan bagi yang mengkonsumsinya adalah dapat mengurangi risiko penyakit jantung, Kanker, Diabetes, Melancarkan pencernaan, memperbaiki penyembuhan pada luka, Meningkatkan Kontrol Gula darah pada penderita diabetes dan menurunkan tekanan darah atau hipertensi.

Pepaya memiliki daging yang lembut dan bisa digunakan dalam berbagai macam kuliner. Di sini kita akan membahas lebih banyak tentang manfaat pepaya bagi kesehatan, kandungan gizi pada pepaya, dan risiko atau efek samping makan pepaya bagi kesehatan.

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan

manfaat buah pepaya

Ada banyak manfaat buah pepaya bagi kesehatan bagi yang mengonsumsinya. Berikut ini Manfaat pepaya yang bisa anda dapatkan bagi kesehatan anda.

1Degenerasi makula terkait usia

Zeaxanthin, antioksidan yang ditemukan di pepaya, menyaring sinar biru yang berbahaya; Hal ini dianggap memainkan peran protektif dalam kesehatan mata, dan dapat menangkal degenerasi makula.

2Pencegahan penyakit asma

Risiko asma akan berkurang jika seseorang mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi yang dpat mengurangi risiko asma adalah beta-karoten yang terkandung dalam makanan seperti pepaya, aprikot, brokoli, melon, labu , dan wortel.

3Kanker

Mengkonsumsi Buah pepaya sangat bagus untuk mengurangi risiko kanker, karena didalam buah pepaya mengandung antioksidan beta karoten. Di antara pria yang lebih muda, makanan yang kaya dengan beta-karoten dapat memainkan peran protektif terhadap kanker prostat hal ini sesuai dengan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Epidemiology and Prevention Biomarkers.

4Kesehatan tulang

Asupan vitamin K yang rendah memiliki risiko patah tulang yang lebih tinggi. Konsumsi vitamin K cukup penting agar mendapatkan kesehatan yang baik, karena Vitamin K dapat meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi kalsium urin, yang berarti jika terdapat cukup kalsium dalam tubuh dapat memperkuat dan membangun tulang kembali.

5Diabetes

Mengkonsumsi makanan dengan serat yang tinggi dapat menurunkan kadar gula darah, Satu pepaya kecil dapat menyediakan sekitar 3 gram serat, yang setara dengan 17 gram karbohidrat .

6Pencernaan

Pepaya mengandung enzim yang disebut papain yang dapat membantu pencernaan; Padahal, bisa digunakan sebagai pelunak daging. Pepaya juga tinggi kandungan serat dan air, yang keduanya membantu mencegah sembelit dan membuat saluran pencernaan bekerja secara teratur.

7Penyakit jantung

Kandungan serat, potassium , dan vitamin dalam pepaya semuanya membantu mencegah penyakit jantung. bertambahnya asupan kalium disertai pengurangannya asupan sodium, dapat dilakukan seseorang untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

8Menyembuhkan Peradangan

Kolin adalah nutrisi yang sangat penting dan terdapat pada buah pepaya, yang membantu tubuh kita dalam tidur, berpengaruh dalam gerakan otot, meningkatkan kemampuan belajar, dan menjaga daya ingat. Kolin juga dapat membantu mempertahankan struktur membran sel, membantu pengiriman rangsang saraf, membantu penyerapan lemak, dan mengurangi peradangan kronis.

9Penyembuhan Luka dan Infeksi pada Kulit

Bila digunakan secara topikal, pepaya yang ditumbuk tampaknya bermanfaat untuk penyembuhan luka dan mencegah infeksi pada area yang terbakar.

Periset meyakini bahwa enzim proteolitik chymopapain dan papain dalam pepaya dapat membantu menyembuhkan luka dan mencegah infeksi pada luka bakar.

Salep yang mengandung enzim papain juga telah digunakan untuk mengobati bisul dekubitus (luka akibat lama berbaring).

10Kesehatan rambut

Pepaya juga bagus untuk rambut karena mengandung vitamin A, nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi sebum, yang membuat rambut tetap lembab.

Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Asupan vitamin C yang cukup, yang terdapat pada pepaya, sangat dibutuhkan untuk membangun dan merawat kolagen

Kandungan gizi pepaya

Pepaya adalah sumber vitamin C yang sangat baik, dan satu buah pepaya ukuran sedang  menyediakan 224 persen asupan harian yang direkomendasikan.

Satu pepaya ukuran sedang memiliki kira-kira:

120 kalori
30 gram karbohidrat
2 gram protein

atau jika dihitung per 100gr pepaya bisa anda lihat pada tabel dibawah ini:

kandungan gizi pepaya

Pepaya juga merupakan sumber yang baik untuk: Folat, vitamin A, magnesium, tembaga, asam pantotenat, serat.

Mereka juga memiliki vitamin B, alfa dan beta-karoten, lutein dan zeaxanthin, vitamin E, kalsium, potassium, vitamin K, dan lycopene, antioksidan.

Risiko Buah Pepaya

Orang dengan alergi lateks mungkin juga alergi terhadap pepaya karena pepaya mengandung enzim yang disebut chitanases.

Untuk beberapa orang, pepaya matang bisa memiliki bau yang tidak sedap. Anda bisa meminimalkan bau ini dengan mencampur potongan buah dengan air jeruk nipis.