Manfaat Buah Blueberry Untuk Kesehatan Inilah Fakta – Riset & Efek sampingnya

Ketahui Manfaat Buah Blueberry dan Efek sampingnya Dengan didukung penelitian ilmiah secera lengkap

Manfaat Blueberry Untuk Kesehatan

manfaat buah blueberry

Mengkonsumsi Buah-buahan dan sayuran diyakini banyak orang dapat mengurangi kemungkinan buruknya kondisi kesehatan akibat pola hidup yang tidak teratur.

Banyak Peneliti yang membuktikan bahwa dengan banyak mengkonsumsi makanan nabati seperti Blueberry dapat menurunkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, selain itu juga blueberry bermanfaat untuk kesehatan Kulit dan rambut, meningkatkan energi, serta menurunkan berat badan.

Meskipun harus dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaatnya. Berikut ini manfaat buah blueberry untuk kesehatan.

1Menjaga Kesehatan Tulang

 

Kandungan yang terdapat pada blueberry seperti Zat Besi, Fosfor, Kalsium, Magnesium, Mangan, seng dan Vitamin K dapat membantu dalam membangun dan mempertahankan kekuatan dan struktur tulang.

Besi dan seng memiliki peran penting dalam menjaga kekuatan tulang dan elastisitas sendi.

selain itu Asupan vitamin K yang rendah berisiko patah tulang lebih tinggi, dibandingkan dengan yang memiliki asupan vitamin K yang cukup, karena vitamin K berfungsi memperbaiki penyerapan kalsium dan dapat mengurangi kehilangan kalsium

2Menurunkan Tekanan Darah

 

Menjaga dan mempertahankan asupan sodium agar tidak berlebihan adalah hal yang sangat penting untuk menurunkan tekanan darah.

Blueberry bebas dari sodium dan secara alami mengandung Potassium, kalsium, dan magnesium, yang kesemuanya diketahui dapat menurunkan tekanan darah secara alami.

3Mengurangi Risiko Diabetes

 

Studi telah menunjukkan bahwa penderita diabetes yang mengkonsumsi makanan dengan serat tinggi memiliki kadar glukosa darah yang rendah.

Para periset juga berkesimpulan, Jika seseorang dengan pola hidup yang dapat meningkatkan gula darah, lipid dan insulin lalu ia mengkonsumsi blueberry tiga porsi per minggu konon katanya dapat mengurangi risiko diabetes sebesar 7%

4Mengobati Penyakit Jantung

 

Serat Blueberry, potasium, folat, vitamin C, vitamin B6 dan kandungan fitonutrien semuanya mendukung kesehatan jantung. serat dalam blueberry membantu menurunkan jumlah kolestrol dalam darah sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Vitamin B6 dan Folat berfungsi mencegah penumpukan senyawa yang dikenal homosistein. Bila jumlah Homocysteine berlebihan dan menumpuk didalam tubuh, ia dapat merusak pembuluh darah dan membuat jantung menjadi bermasalah.

Menurut sebuah studi dari Harvard School of Public Health dan University of East Anglia, konsumsi anthocyanin secara teratur dapat mengurangi risiko serangan jantung sebesar 32% pada wnita muda dan setengah baya. Penelitian yang dipimpin oleh profesor Aidin Cassidy, PhD, MSc, BSc, menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi setidaknya tiga porsi blueberry atau strobery mendapatkan hasil jantung yang baik.

5Mencegah Kanker

 

Vitamin C, Vitamin A, dan fitonutrien dalam blueberry berfungsi sebagai antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu melindungi sel dari radikal bebas yang merusak.

Manfaat buah blueberry dengan kandungan yang dimilikinya dapat menghambat pertumbuhan tumor, mengurangi pembengkakan di tubuh dan membantu menangkal atau memperlambat beberapa jenis kanker seperti kanker paru-paru, mulut, pankreas, prostat.

Blueberry juga mengandung Folat, yang berperan dalam sintesis dan perbaikan DNA, sehingga dapat mencegah pembentukan sel kanker dari mutasi pada DNA.

6Meningkatkan Kesehatan Mental

 

Studi berbasis populasi telah menunjukkan bahwa konsumsi blueberry dapat mengurangi risiko penurunan kognitif dan juga penyakit Parkinson – kelainan neurodegeneratif yang diakibatkan oleh kematian sel di bagian otak.

Studi juga mengungkapkan bahwa selain mengurangi risiko kerusakan kognitif, blueberry juga dapat memperbaiki kehilangan memori jangka pendek dan koordinasi motorik.

7Pencernaan Sehat

Karena kandungan seratnya, blueberry membantu mencegah sembelit dan meningkatkan keteraturan untuk saluran pencernaan yang sehat.

8Menurunkan Berat Badan dan Kenyang Tahan Lama

Serat pangan umumnya dikenal sebagai faktor penting dalam penurunan berat badan dan manajemen berat badan dengan berfungsi sebagai “bulking agent” dalam sistem pencernaan.

Makanan berserat tinggi meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan, membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan dengan demikian menurunkan asupan kalori secara keseluruhan.

9Awet Muda dan Memperbaiki Kulit keriput

Kolagen , sistem pendukung kulit, mengandalkan vitamin C sebagai nutrisi penting yang bekerja di tubuh kita sebagai antioksidan untuk membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari, polusi dan asap.

Vitamin C juga meningkatkan kemampuan kolagen untuk menghaluskan kulit yang keriput dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. Hanya satu cangkir blueberry yang menyediakan 24% kebutuhan vitamin C harian Anda.

Kandungan Gizi blueberry

Satu cangkir blueberry segar mengandung 84 kalori , 0 gram kolesterol, 1,1 gram protein, 0,49 gram lemak, 21 gram karbohidrat dan 3,6 gram serat makanan (14% kebutuhan sehari-hari).

Penyajian satu cangkir yang sama menyediakan 24% vitamin C setiap hari, 5% vitamin B6 dan 36% kebutuhan vitamin K. Bluberi juga mengandung zat besi, kalsium, potasium, magnesium, fosfor, natrium, mangan, seng, tembaga , folat, beta karoten , folat, kolin, vitamin A dan vitamin E.

Selain antosianin, blueberry mengandung beragam senyawa fenolik seperti quercetin, kaempferol, myricetin dan asam chlorogenic – yang semuanya berkontribusi terhadap kapasitas antioksidannya.

Karena memiliki banyak senyawa bioaktif, blueberry mendapatkan peringkat yang sangat tinggi pada Indeks Kepadatan Gizi, dinilai berdasarkan kandungan vitamin dan mineral, komposisi fitokimia dan kapasitas antioksidannya.

Makanan yang memiliki nutrisi paling banyak per kalori mendapatkan nilai posisi tertinggi di antara 20 buah dan sayuran terbaik.

Risiko Konsumsi blueberry Bagi Kesehatan

Jika Anda sedang dalam program mencegah pembekuan darah dan meminum Coumadin (warfarin), penting bagi Anda untuk tidak tiba-tiba mulai makan lebih banyak makanan yang mengandung vitamin K, karena vitamin K berperan besar dalam pembekuan darah.

pola makan untuk pencegahan penyakit dan mencapai kesehatan yang baik. Lebih baik mengonsumsi makanan dengan bervariasi jangan hanya berfokus pada satu makanan saja.